IFTHOR JAMA’I LDK AL-KAUTSAR UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

 

Bagi umat Islam menjalankan Sunnah dari Rasulullah saw. Adalah hal yang harus dipertahankan. Satu diantara banyak sunnah dari beliau adalah mengerjakan puasa pada hari senin dan kamis. Kenapa ya harus hari senin dan kamis? Kenapa tidak hari jumat, rabu atau hari lainnya?.

Perlu diketahui bahwasannya mengerjakan puasa pada hari jumat dalam beberapa hadis diriwayatkan bahwa hukumnya adalah makruh, kecuali telah berpuasa dihari sebelumnya atau berniat puasa di hari sesudahnya. Salah satu alasan kenapa Rasulullah saw menyuruh berpuasa di hari senin adalah karena hari senin merupakan hari kelahiran beliau. Sedangkan alasan dianjurkannya puasa dihari kamis adalah karena hari kamis merupakan hari dimana amal kita selama seminggu dihitung dan Rasulullah sangat senang apabila ketika proses penghitungan amal tersebut berada dalam keadaan berpuasa. Tentunya seperti yang sama-sama kita rasakan bahwa dalam melaksanakan puasa hal yang paling dinantikan adalah ketika adzan magrib dikumandangkan tanda telah bisa untuk berbuka puasa atau ifthor jama’i.

Kamis (07/04/2016) LDK AL-Kautsar Universitas Malikussaleh telah mengadakan acara Ifthor Jamai di Mushalla Al-Kautsar Bukit Indah. Ifthor Jama’i ini bertujuan selain untuk mengingatkan saudara-saudara seiman dan seagama untuk melakukan puasa sunnah juga bertujuan untuk mengikat atau menguatkan kembali tali silaturahmi yang mulai kendor ataupun renggang. Kemudian, dengan diadakannya Ifthor Jamai ini ukhuwah sesama muslim dapat terpupuk dengan sangat baik sehingga membangkitkan kembali api semangat untuk berdakwah dan mensyiarkan islam.

Acara yang dihadiri 24 orang dan dimulai dengan tausyiah singkat dari Demisioner (abangda M. Khalid Mirza), berbuka, sholat magrib berjamaah, makan bersama, dan diakhiri dengan shalat isya berjamaah berjalan dengan sangat hangat dan penuh rasa kekeluargaan.

 

Departemen Syiar Ldk Al-Kautsar

Oleh: Andri Falchan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s