LDK Itu Keren // Lembaga Dakwah Kampus Unimal

Departemen Syi’ar UKM LDK Al-Kautsar

A. Tempat Ternyaman

Sejatinya sifat yang ada pada diri manusia itu adalah mudah nyaman akan sesuatu yang dapat menerima dirinya dengan baik. Banyak dari kita mencari-cari kesibukan, tempat bahkan seseorang yang dapat memberikan rasa nyaman kepadanya.

Seperti seorang pemuda yang ingin mencari kenyamanan dalam berolahraga, maka dia akan mencari tempat di mana di tempat itu dia bisa melaksanakan olahraga secara nyaman dan disupport oleh orang-orang yang memiliki tujuan yang sama juga dengannya.

Jika kita melihat dari sudut pandang manusia modern seperti saat ini bahkan yang saat ini bisa jadi sedang kita rasakan. Para karyawan, pengusaha, dan para pekerja lainnya pasti mencari tempat di akhir pekan bersama dengan keluarga hanya untuk mencari suasana nyaman dari hiruk pikut pekerjaan sepekan terakhir dan dapat menghabiskan waktu terbaik bersama dengan orang-orang tersayang.

Namun bagi kita mahasiswa Muslim ditengah hiruk-pikuk dunia perkuliahan yang padat dengan segudang tugas menumpuk dari dosen yang harus dikerjakan sebelum deadline yang ditentukan.

Kadang kala merasakan lelah dan jenuh yang tiba-tiba menghampiri. Sudah pasti hal yang demikian itu dapat mempengaruhi kita dalam belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.

B. Mahasiswa dengan mood nya

Para mahasiswa juga memiliki caranya masing-masing untuk mengembalikan mood yang buruk diakibatkan rasa jenuh dan lelah dengan tugas perkuliahan.

Dari mereka ada yang pergi berlibur ke tempat-tempat wisata yang terdapat di sekitaran kampus, tentu ini dilakukan oleh mereka yang memiliki uang saku yang sedikit lebih dari rata-rata mahasiswa.

Ada pula mereka yang memilih hanya sekedar menyeruput kopi bersama teman-teman di caffe, atau sekedar mabar (main game online bareng) menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar gawai.

Ada yang mengembalikan mood yang kurang baik dengan cara mengahabiskan sisa hari dengan tidur. Banyak sekali macam dan cara mahasiswa untuk mengembalikan mood yang kurang baik itu.

Namun tahukah teman-teman ketenangan, kenyamanan, bahkan perasaan malas melakukan apapun akibat mood yang memburuk itu datangnya dari Allah.

Terkhusus mood yang tiba-tiba memburuk itu adalah salah satu cara Allah menegur kita untuk berfikir apasih penyebab utama dari mood yang memburuk ini. Bahaya sekali memang jika mood yang buruk kita biarkan terus-menerus selain mengakibatkan kita malas untuk melakukan aktifitas, pekerjaan, tugas bahkan terkadang mood yang buruk ini dapat mengakibatkan malasnya kita untuk beribadah.

Kualitas iman seseorang yang sedang turun itu juga salah satu biang dari mood yang memburuk. Melakukan apapun rasanya sangat malas sekali. Jangankan untuk melakukan ibadah yang menjadi kewajiban dan kebutuhan, terkadang untuk bangkit mandi pagi saja rasanya berat.

C. LDK KEREN

Mungkin teman-teman masih bertanya-tanya, apa kolerasi antara judul dengan isi dari tulisan. Nah, di sini mungkin saya akan menulisakan mengapa judul tulisan ini LDK Itu Keren. Sekeren apa sih LDK.

Bukankah LDK itu lembaga dakwah kampus? Sudah pasti di situ semua orangnya yang ingin menjadi Ustadz, Ustdzah dan yang pandai ceramah di depan orang banyak?. No way.

Jika kamu masih memandang LDK ini dengan pandangan demikian maka kamu belum mengenal betul LDK. Satu hal yang pasti ada di dalam LDK adalah ini tempat orang-orang yang berusaha untuk berbuat baik, bukan tempat orang yang sudah pasti baik. Yang disebutkan sebagai berusaha adalah masih mencoba dan belum sampai di tujuan sebenarnya.

Jadi persepsi yang beredar di masyarakat kampus bahwa LDK itu tempat orang-orang suci dan paham agama adalah sedikit keliru.

Sekeren apa sih LDK itu?

Kegelisahan hati berasal dari ruhiyah yang sedang tidak baik, itu pula yang mengakibatkan mood menjadi sedikit hancur dan malas untuk melakukan apapun. Banyak dari mahasiswa yang mencari pelarian untuk memperoleh ketenangan dan kenyamanan dengan kegiatan-kegiatan yang merusak, menghabiskan waktu, dan mengeluarkan uang yang cukup banyak. Bagaimana contohnya teman-teman bisa menjawabnya sendiri.

Nah, jadi salah satu dan bisa jadi cara terampuh untuk memperbaiki mood yang sedang hancur bahkan terjatuh ke dasar jurang terdalam itu dengan cara memperbaiki ruhiyah kita. Bagaimana cara memperbaiki ruhiyah kita? Dengan cara mendekatkan diri kepada Allah (perbanyak ibadah).

Tapi, bagaimana kita mau mendekatkan diri kepada Allah sedangkan kita aja sedang dilanda rasa malas untuk melakukan apapun? Jawabannya adalah berjamaah (bersama-sama) jangan solo, harus squad.

D. Wadah yang keren

Di LDK kita adakan bertemu dengan sahabat-sahabat yang belum tentu baik namun mereka selalu mengamalkan surah Al-‘Ashr untuk saling mengingatkan senantiasa berbuat baik. Jika kita mencari teman yang ingin menegur dan mengingatkan kita untuk melakukan kebaikan maka LDK adalah pilihannya. Insya Allah di LDK kita akan menemukan orang-orang seperti itu.

Di LDK kita akan disuguhkan dengan agenda halaqoh/mentoring/UDC rutinan tiap pekannya. Di sini kita bukan hanya untuk meberi tambahan ruhiyah namun juga akan menambah pemahaman tarbiyah dan nikmatnya ukhwah sesama muslim, dan sudah pasti iman akan ter-charger kembali.

LDK adalah rumah. Seperti yang kita tahu makna dari rumah yang kita jadikan tempat pulang, tempat berlindung, mencari kehangatan, kenyamana dan keamanan dari segala sesuatu yang berasal dari luar. LDK memang bergerak dibidang dakwah Islamiah. Namun seperti yang kita ketahui sarana dakwah itu sangat luas, dan itu juga yang menjadi acuan LDK untuk melebarkan sayap-sayap dakwah.

Ada banyak sekali kegiatan-kegiatan yang ada di LDK bukan hanya kajian, kajian, dan kajian. LDK menjadi tempat pembentukan layaknya rumah, Seorang anak akan baik jika oleh orang tuanya di rumah diajarkan budi pekerti baik dan pastinya sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah.

Jadi di LDK ini adalah tempatya orang-orang yang akan diberi pemahaman mau jadi apapun kita kelak harus berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah. Jika teman-teman mencari tempat untuk melakukan pengembangan potensi diri dan tetap mengamalkan nilai-nilai ke-Islaman maka LDK bisa menjadi salah satu pilihan yang harus diikuti.

Karena kita akan mendapatkan dua feed back dari mengikuti LDK ini, Insya Allah dunia dan akhirat, Karena senyum manismu kepada sesama muslim adalah juga termasuk dakwah di dalamnya.

Penulis : Ibnushina Hidayat (Ketua Umum Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Forum Ukhuwah Aneuk Teknik (FUAT) Al-Muttaqin 2022

Editor : Tim Syi’ar UKM LDK 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s